Langsung ke konten utama

Kursus Komputer dan Peluang Bekerja Dari Rumah

Konten [Tampil]
www.bioeti.com
Bekerja dari rumah bukan lagi sebuah impian

Kira-kira setelah ikut kursus komputer bisa kerja apa?

Momen Lebaran memberikan banyak arti pada saya. Salah satunya untuk menjawab pertanyaan diatas.

Banyak yang memutuskan resign bertepatan dengan libur Lebaran. Lebaran sering dijadikan momentum memulai langkah baru. Dengan harapan menjadi lebih baik dan melakukan yang terbaik bagi diri sendiri dan keluarga.

Kursus Komputer langsung kerja

Sebelum libur Lebaran tiba, di hari Minggu terakhir. Tiba-tiba seorang teman menelpon dan mengajak ketemuan. Dalam pertemuan mendadak itu, dia bercerita mengenai recana resign yang sempat dia cetuskan dua tahun lalu.

Sebetulnya saya tidak begitu kaget dengan keputusannya itu. Teman saya ini telah mempersiapkan dengan matang. Jauh-jauh hari dia sudah ikut kursus komputer. Meng-upgrade skill. Ilmu dari kursus komputer akan menjadi penopang kehidupannya selepas meninggalkan status karyawan.

Kursus komputer telah memberikan dia peluang agar bisa bekerja dari rumah. Seperti yang telah lama diidam-idamkan.

Perkembangan yang terus menerus di bidang teknologi informasi telah mengubah pola kerja dari konvesional (9 to 5) menjadi lebih fleksible. Beberapa pekerjaan dapat dilakukan secara remote. Dasar ini yang membuat teman saya antusias dan memulai bekerja dari rumah sebagai SEO specialist.

Kemampuan sebagai SEO specialist didapat tidak instan. Sebelumnya teman saya ini membekali diri dengan memimba ilmu melalui kursus komputer. Tanpa perlu berlama-lama, dengan keahliannya itu, teman saya sudah memiliki pekerjaan bahkan sebelum benar-benar resign.

 

Pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah
Pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah

Pekerjaan yang dapat dilakukan di rumah

Umumnya pekerjaan yang dilakukan dari rumah bersifat freelance, tetapi tidak menutup kemungkinan bekerja pada satu bendera dengan kontrak jangka waktu tertentu namum tetap dikerjakan dari rumah. Pekerjaan yang dapat dilakukandi rumah selain menjadi SEO Specialist seperti teman saya, antara lain:  

  1. Animator

Membuat animasi, efek visual untuk video atau games

  1. Social media manager

Media sosial menjadi sarana efektif untuk menyampaikan pesan baik secara perorangan mau pun institusi. Oleh karena itu diperlukan seseorang untuk menangani medial sosial tersebut

  1. Desainer grafis

Pembuatan logo, flayer, banner, cover agar tampil menarik tidak lepas dari tangan desainer grafis.

  1. Data entry

Memasukkan data informasi ke dalam database atau sistem milik organisasi secara detail. Seorang data entry harus memiliki pengetahuan perangkat lunak dasar, seperti Excel. Mampu berkonsentrasi karena memerlukan ketelitian tinggi agar data yang diinput valid.


Meski pun profesi yang disebutkan diatas tergolong masih baru karena kemunculannya seiring dengan perkembangan informasi teknologi. Namun tidak ada salahnya untuk dijajaki.

Pekerjaan yang akan hilang di masa depan

Ada hal baik dari pesatnya pertumbuhan teknologi informasi, namun tak sedikit kabar buruk yang harus diwaspadai. Inovasi teknologi untuk mempermudah kerja manusia terus diciptakan. Profesi baru pun ikut tercipta, tetapi tidak menutup kemungkinan akan ada pekerjaan yang  hilang di masa datang. Tidak dipungkiri dunia digital telah menggerus lahan mata pencaharian.  Banyak profesi yang akhirnya tergantikan oleh aplikasi.

Mesin-mesin diciptakan agar pekerjaan lebih efisien baik dari segi waktu dan biaya. Dikarenakan tenaga manusia memiliki batasan dalam memproduksi suatu produk dibanding dengan mesin. Penambahan tenaga manusia sama dengan penambahan biaya produksi. Dan dapat menentukan harga jual di pasaran.

Saat ini mesin-mesin yang membantu mempermudah pekerjaan dilengkapi dengan AI (Artifisial Intelegence) yang akhirnya mengambil alih tenaga manusia itu sendiri.

Berikut enam profesi yang akan dihilang akibat kemajuan teknologi dikutip dari beberapa portal berita:

1.      Teller bank

Saat ini transaksi ke bank lebih dari 50% sudah dilakukan secara digital. Baik itu melalui mobile banking maupun internet banking. Setor dan penarikan diakomodasi oleh ATM. Bahkan dapat dilakukan di mini market, agen perwakilan sehingga proses transaksi lebih mudah tanpa harus ke bank.

2.      Kasir

Saat pandemi belanja banyak dilakukan secara daring. Pembayaran dilakukan secara non tunai. Saat ini banyak penyedia layanan non tunai dengan uang digital. Seperti penggunaan Gopay, OVO,  linkaja, DANA dan lainnya.

Hal ini sangat mempermudah dalam proses transaksi. Di saat pandemi transaksi non tunai membantu dalam upaya pencegahan penularan virus.

Pembayaran secara non tunai dengan uang digital tidak hanya digunakan dalam urusan transportasi, ojek online. Sekarang pembelanjaan di mall, restoran, makanan kaki lima, menggunakan dompet digital.

Keuntungan bagi pedagang sendiri adalah ada jejak transaksi sehingga tidak perlu melakukan pencatatan. Ini sangat membantu dalam evaluasi usaha. 

3.      Buruh Tani

Sektor pertanian adalah sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja. Namun banyaknya tenaga kerja dalam pengerjaan produksi pertanian dinilai tidak efisien. Saat ini pertanian modern telah mennggunakan teknologi dalam proses produksi pertanian. Seperti penggunaan mesin penanam padi, mesin pengering gabah dan lainnnya.

Teknologi membantu dalam memprediksi cuaca yang dapat digunakan untuk penentuan bibit yang digunakan, dosis penggunaan pupuk serta kebutuhan perawatan pada tanaman yang diperlukan.

Mengingat lahan pertanian yang semakin terbatas, teknologi membantu dalam menciptakan lingkungan yang terkontrol. Sesuai dengan kebutuhan tanaman.

4.      Travel Agent

Suatu perjalanan saat ini dapat dilakukan secara digital. Teknologi memudahkan dalam pengecekan ketersediaan transportasi dan hotel. Review kuliner, hotel, dan tempat wisata dengan mudah dapat kita temukan. 

5.   Pekerja dibidang manufacture.

Robot-robot telah menggantikan tenaga manusia dalam memproduksi barang. Pekerjaan yang berpola dan bersifat statis dengan mudah digantikan. Seperti perakitan alat rumah tangga, barang-barang elektronik, handphone dan lainnnya.

6.      Telemarketing

Keberadaan telemarketing untuk sebagian besar dirasakan sangat mengganggu. Tawaran yang disampaikan oleh telemarketer melalui telpon terkadang tidak mengenal waktu. Selain merasa terganggu ada juga yang merasa ketakutan akan pencurian data atau penipuan.

 
Pekerjaan yang hilang di masa depan
Pekerjaan yang dapat hilang di masa depan

Alasan dan Keuntungan mengikut kursus komputer 

Era metaverse merupakan perpanjangan dari perkembangan era teknologi informasi. Semua elemen pekerjaan saat ini yang menjadi sumber penghidupan tidak lepas dari perangkat serta piranti lunak komputer. 

Dengan kursus komputer, update pengetahuan mengenai teknologi informasi dapat terpenuhi.

Keuntungan mengikuti kursus komputer

1.      Membutuhkan waktu tidak terlalu lama. Tergantung pada kemampuan dan ketekunan dalam mengikuti materi.

2.      Tidak memerlukan ijazah untuk mengambil kursus.
3.      Tidak memerlukan tempat khusus,. Karena dapat dilakukan secara online
4.      Dapat langsung dipraktikkan, sehingga waktu yang diperlukan relatif lebih singkat

5.      Mendapatkan sertifikat sebagai bukti pembelajaran

6.      Tanpa harus mengajukan lamaran pekerjaan, seseorang dengan keahlian komputer dapat di-hire oleh perusahaan tanpa harus melamar. Melainkan dari projek yang telah dikerjakannya.

Setidaknya ada dua alasan mengapa kursus komputer itu perlu.

  1. Untuk upgrade skill dan menciptakan peluang mendapatkan pekerjaan.
  2. Beradaptasi dengan teknologi, di mana saat ini semua bersinggungan dengan teknologi

 

Alasan ikut Kursus Komputer
Alasan ikut kursus komputer

Peran manusia dalam memproduksi barang semakin tersisih dengan penemuan baru yang dapat lebih efisien. Mesin mengambil alih tenaga manusia. Perangkat-perangkat yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan untuk mempermudah kerja manusia.

Teknologi juga telah membuka peluang pekerjaan baru yang dapat dilakukan dari rumah. Bekerja dari rumah bukan sekadar impian lagi dengan meng-upgrade keterampilan khusus komputer.  


Belajar tidak mengenal batasan usia. Inovasi yang terus menerus memaksa kita harus beradaptasi dengan teknologi. Meluangkan waktu untuk mengikuti kursus komputer dapat menjadi upaya adaptasi di era ini. Bersiap sekarang untuk mengimbangi zaman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagi Kelembutan Bolu Susu Lembang, Oleh-Oleh Bandung Pisan

Anak Peranakan Tulen Dalam tubuh saya mengalir tiga perempat darah Ciamis. Mamah pituin Ciamis. Lahir di Ciamis, semenjak ABG hingga sekarang Mamah menetap di Bandung. Mengikuti suaminya. Iya, suaminya teh , bapak saya.  “ Suami Mamah saya adalah Bapak Saya ” . Seperti judul sinetron nya ? Bapak sendiri berasal dari Banjaran. Tetapi setelah ditelusuri silsilanya eh, masih ada keturunan Ciamis. Jadi lah saya ini berdarah campuran. Walapun hanya seperempat dan tiga perempat . B angga pisan berdarah indo. Kudu bangga atuh, da saya termasuk produk indo memenuhi standar kearifan lokal.

A Battle Inside

Every lover got to be a fighter. 'Cause if you don't fight for your love. What kind love do you have - Keeanu Reeves Sejak beberapa tahun terakhir, sebelum tidur. Ketika ruh akan berkelana dan fisik memasuki waktu istirahat. Padahal kenyataannya organ-organ dalam tumbuh kita tetap bekerja. Saya menyempatkan untuk mengucapkan terima kasih pada diri sendiri.  A battle of Me

Tantangan Berkebun Di Perkotaan

Tahun 2019, saya memutuskan untuk berkebun dengan serius . Perlu saya garis bawahi kata serius ini. Serius. Gak main-main.   Saya ingin membuat satu sistem berkebun yang berkesinambungan. Selaras dengan alam serta mendukung misi pemerintah. Menciptakan ketahanan pangan. Membentuk masyarakat yang berdaya guna tingkat dewa. Halaaaaah, panjang amat   dan agak-agak halu. Any way sebab mengapa saya berkebun bisa melipir ke sini . Setidaknya ada dua tantangan yang harus dihadapi ketika memulai berkebun di perkotaan. Tantangan yang bersifat minor dan mayor. Apa saja tantangannya itu? Hayuuuk kita preteli.