Langsung ke konten utama

Bukan Tidak Mungkin Kursus Komputer Bisa Langsung Kerja

Konten [Tampil]

Berinvestasi pada kursus komputer langsung kerja adalah hal yang harus dicoba. Perubahan cepat di bidang teknologi informasi menjadikan perangkat komputer adalah hal yang lazim pada saat ini. Komputer digunakan dalam segala aspek. Kebutuhan tenaga kerja yang memiliki keahlian khusus di bidang komputer tentu akan meningkat

Mengoperasikan komputer bukan hal yang sulit namun tidak mudah juga dikarenakan banyak fitur-fitur di dalamnya. Belajar komputer dengan mengikuti kursus dapat meningkatkan daya saing dan memperbesar peluang dalam mendapatkan pekerjaan

kursus komputer


Kursus komputer bisa kerja apa?

Peralihan dari manual ke digital tentu akan menimbulkan banyak peluang bagi yang memiliki keahlian di bidang komputer. Untuk menjawab pertanyaan kursus komputer bisa kerja apa?   Berikut beberapa pekerjaan yang akan membutuhkan tenaga dengan keahlian komputer

 

1.      Tenaga administrasi

Dalam pengorganisasian akan dibutuhkan tenaga administrasi dalam supplay kebutuhan data dan penyusunan data itu sendiri.

Sebuah toko online sederhana tetap akan membutuhkan sistem administrasi yang baik agar kinerja toko dapat terukur dan tertelusur.

Seorang tenaga administrasi minimal mengetahui mengenai Microsoft office terutama Excel. Data penjualan, pembelian dapat diinput kemudian diolah menggunakan Excel.Mengetahui beberapa formula yang sudah disediakan Excel. Seperti optimasi menggunakan fungsiIF, aplikasi VLOOKUP dalam memantau penjualan dan pembelian. Pembuatan grafik untuk pembuatan laporan. 

2.      Web developer

Penjualan secara daring semakin meningkat ketika pandemi. Begitu pun banyak merk dan perusahaan membuat website untuk menguatkan value brand mereka.

Dengan digital orang akan mudah mengakses sebuah informasi. Saat ini telpon genggam adalah akses yang paling banyak digunakan karena lebih praktis dibanding dengan PC.

Website yang  ramah dengan gawai tentu akan lebih banyak menarik pengunjung. Kebutuhan pembuatan web dalam memperkuat branding maupun bertujuan untuk penyebaran informasi akan membuka peluang bagi tenaga web developer.

Beberapa hal yang harus dimiliki Web developer adalah mampu menangani masalah website diantaranya desain web, konten web, server, dan keamanan jaringan.

3.      Photo dan video editor

Pada setiap media sosial selalu difasilitasi dengan menu foto serta video. Bahkan sekarang orang tidak perlu mengajukan pada stasiun televisi agar video hasil karyanya dapat ditonton secara masif. Semua orang dapat menyiarkan sendiri siarannya. Memamerkan foto-fotonya. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi ini keahlian menyunting (edit) akan banyak diperlukan.

Sebuah visual menarik tentu akan lebih mudah diterima dalam penyampaian pesan. Sebuah video atau photo yang mendukung pesan tidak lahir begitu saja tanpa proses editing.

4.      Content writer

Tulisan yang menarik dan mendapat perhatian dari khalayak ramai sangat diperlukan. Dalam sebuah web, portal berita bahkan postingan di media sosial diperlukan caption yang akan menggugah perhatian dari pembacanya. Sehingga pesan yang diinginkan dapat diterima dengan baik. Hal ini merupakan tugas dari content writer.

Seorang content writer harus memiliki disiplin yang tinggi agar dapat bekerja sesuai deadline, mampu membuat tulisan sesuai dengan kondisi dan menyesuaikan dengan target pembacanya.  

5.      Data Analysist

Seorang data analysis menganalisis data untuk ditindaklanjuti sehingga diperoleh laporan yang dapat membantu proses manajemen perusahaan. Data tersebut diperlukan untuk meningkatkan keuntungan dan kredibilitas perusahaan. Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh data analysis adalah dapat menggunakan bahasa pemograman seperti SQL, Phyton, dan lainnya.

6.      Data scientist

Profesi yang menjadi primadona akhir-akhir ini. Seorang data scientist mengumpulkan, menganalisis dan membuat pola permodelan data. Dari data-data tersebut dihasilkan usulan, prediksi maupun solusi yang dapat digunakan dan ditindaklanjuti oleh perusahaan. 

Seorang data scientist selain memiliki kemampuan membaca data dan harus memiliki keahlian penyerta di bidang:

-          Coding

Kemampuan bahasa pemograman yang mampu menerjemahkan dari data yang rumit menjadi sebuah hal yang mudah dipahami oleh orang-orang awam.

-          mathematical modeling

Dengan mengombinasikan data-data menjadi sebuah pola (alogaritma) sehingga dapat diperoleh satu prediksi atau solusi. Suatu kecenderungan atau tren serta kebiasaan-kebiasaan dari data yang menjadi pola.

-          Pengetahuan bisnis

Data-data tersebut dapat direkomendasikan menjadi peluang-peluang bagi perusahaan.

7.      Teknisi jaringan

Yang tidak kalah penting adalah teknisi jaringan untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan mengolah data, melakukan pengembangan web, melakukan penyuntingan, serta pembuatan dan penyusunan laporan dapat berjalan semestinya adalah dengan jaringan yang baik.

Jika ada gangguan atau kerusakan diperlukan peran teknisi jaringan. Tentu peran ini sangat vital dikarenakan saat ini semua orang terhubung secara online. Teknisi jaringan tidak hanya memperbaiki namun harus merawat sarana dan prasana agar semua orang tetap terhubung.

Keuntungan mengikuti kursus komputer.

 Mengikuti kursus kemampuan kita pasti akan bertambah. Mengingat bidang teknologi informasi yang terus berkembang yang mau tidak mau menuntut kita untuk terus update. Setelah mengikuti kursus komputer langsung kerja. Ada pun keuntungan lain mengikuti kursus komputer adalah:

1.      Fleksible.

Kursus dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kursus komputer sekarang banyak dilakukan secaran daring. Cukup melakukan registrasi pada tempat penyedia layanan kursus, kita dapat mengikuti pelatihan sesuai paket yang kita pilih.

Lama pengambilan kursus komputer tergantung dari paket yang diambil. Ada yang telah ditentukan jamnya. Namun banyak juga yang dapat diakses kapan saja. 

2.      Langsung praktik

Materi yang diajarkan dapat langsung dipraktikkan.

3.      Harga terjangkau

Penyedia layanan kursus komputer bisa langsung kerja menerapkan biaya yang cukup terjangkau bahkan gratis. Peserta kursus dapat memilih paket yang sesuai dan membayar cukup untuk satu paket tersebut. Tetapi untuk paket-paket gratis juga tak kalah menarik.

Salah satu penyedia kursus secara online adalah Coursera. Platform kursus online yang terhubung dengan universitas terbaik di dunia.

4.      Sertifikat

Dengan mengikuti kursus dapat diperoleh sertifikat atas kemampuan yang dimiliki. Sertifikat bisa dijadikan sebagai bukti otentik. Pencantuman sertifikat dalam Currciculum vitae akan memberi nilai lebih dan peluang lebih besar untuk diinterview lebih lanjut.

Beberapa perusahaan mensyaratkan sertifikat dari penyedia kursus komputer khusus dalam seleksi calon pegawai. Sehingga mengikuti kursus tersebut menjadi penting

5.      Tidak memerlukan ijazah dalam pendaftarannya.

Siapa saja dapat mengikuti pembelajaran dalam kursus komputer. Apakah seseorang tersebut tidak tamat sekolah atau masih sekolah. Mengambil kursus dalam waktu singkat dapat juga dijadikan solusi bagi yang belum bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

 Penutup

Setelah mengikuti kursus komputer langsung kerja adalah hal yang tidak mungkin. Kemampuan terus meningkat dan peluang untuk mendapatkan pekerjaan akan terbuka lebar. Kursus komputer dapat menjadi solusi bagi yang belum bisa melanjutkan studi ke  jenjang lebih tinggi

Menjadi web developer, tenaga administrasi, data scientist, photo atau video editor, dan lainnya adalah jawaban jika bertanya kursus komputer bisa apa aja.

Komentar

  1. Bener banget keahlian dalam bidang komputer semakin banyak dibutuhkan di era digital ini apalagi mempermudah kita dalam melakukan hal apapun. Peluang kerjanya juga banyak, gak rugi kalau belajar kursus komputer.

    BalasHapus
  2. Sekarang, segalanya tak lepas dari perangkat ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Because today is a present

Postingan populer dari blog ini

Berbagi Kelembutan Bolu Susu Lembang, Oleh-Oleh Bandung Pisan

Anak Peranakan Tulen Dalam tubuh saya mengalir tiga perempat darah Ciamis. Mamah pituin Ciamis. Lahir di Ciamis, semenjak ABG hingga sekarang Mamah menetap di Bandung. Mengikuti suaminya. Iya, suaminya teh , bapak saya.  “ Suami Mamah saya adalah Bapak Saya ” . Seperti judul sinetron nya ? Bapak sendiri berasal dari Banjaran. Tetapi setelah ditelusuri silsilanya eh, masih ada keturunan Ciamis. Jadi lah saya ini berdarah campuran. Walapun hanya seperempat dan tiga perempat . B angga pisan berdarah indo. Kudu bangga atuh, da saya termasuk produk indo memenuhi standar kearifan lokal.

Tantangan Berkebun Di Perkotaan

Tahun 2019, saya memutuskan untuk berkebun dengan serius . Perlu saya garis bawahi kata serius ini. Serius. Gak main-main.   Saya ingin membuat satu sistem berkebun yang berkesinambungan. Selaras dengan alam serta mendukung misi pemerintah. Menciptakan ketahanan pangan. Membentuk masyarakat yang berdaya guna tingkat dewa. Halaaaaah, panjang amat   dan agak-agak halu. Any way sebab mengapa saya berkebun bisa melipir ke sini . Setidaknya ada dua tantangan yang harus dihadapi ketika memulai berkebun di perkotaan. Tantangan yang bersifat minor dan mayor. Apa saja tantangannya itu? Hayuuuk kita preteli.

Perempuan belum menikah dilarang sakit Asam Lambung

Vonis Asam Lambung Siang itu, saya datang ke pantry tetangga sambil meringis menahan sakit. Sejak Senin lalu, dokter memvonis saya dengan asam lambung berlebih.  Dada rasanya terbakar, setiap menarik nafas. Sesak. Saya benar-benar kaget mengetahuinya. Komponen utama asam lambung yaitu asam chloride.  Salah satu anggota golongan asam kuat. Perpaduan dengan senyawa ‘X’ akan menghasilkan sesuatu yang dahsyat. Satu larutan yang mampu merontokkan logam. Moal dibeja-an senyawa X itu apa, bisi diturutan .  Coba- nya kalau bisa dikeluarkan si asam lambung dari perut saya. Lalu dijual . Akan menguntungkan meureun . Karena asam chloride ini banyak yang membutuhkan.