Langsung ke konten utama

Menerawang Dunia

Kartu Tarot bioeti


Even the smallest person can change the course of history - Lady Galadriel 

Ada hal menarik dari banjir informasi di era pandemi. Pro dan kontra. Hal lumrah yang ditemui di lini masa media sosial sehari-hari. Perang opini. Taruh-lah, soal awal tahun ajaran kemarin. Beberapa ibu-ibu ada yang ribut duluan, ketika pemerintah mengumumkan bahwa tahun ajaran baru 2020/2021 mulai 13 Juli 2020. Tak sedikit ada yang mengira bahwa tahun ajaran baru, berarti anak-anak masuk sekolah seperti biasa. Harus datang ke sekolah. Para orangtua khawatir dan menyatakan bahwa pemerintah gegabah dengan membuka lagi sekolah ditengah pandemi. Ternyata dan ternyata pembelajaran masih tetap daring, Dari kejadian itu kami jadi mengerti apa yang dimaksud dengan tahun ajaran baru. Namun ada juga para orangtua yang meminta agar sekolah dibuka. Benar-benar dibuka. Karena sudah tak sanggup menemani belajar anaknya sendiri. Semakin seru melihat perang opini ini.

Sebetulnya tidak ada yang salah dengan opini-opini ini, mereka menyuarakan kekhawatiran dan ketakutan versi masing-masing. Tinggal kitanya yang harus bisa menyaring. Jangan mudah terbawa arus informasi.

Kedatangan Covid-19 itu sendiri juga ajaib. Memporak-porandakan tatanan kehidupan bumi dalam waktu sekejap. Dan kita harus menyesuaikan agar bisa selamat. Sesuai teori Charles Darwin. Bukan siapa yang kuat tapi siapa yang mampu beradaptasi.  

Akhirnya kita dituntut untuk melihat Covid-19 dari berbagai sudut pandang. Beragam persepsi. Ada yang mengaitkan dengan perang dagang. Saling menuduh siapa yang membuat dan melepaskan dengan sengaja untuk mengintimidasi, menginvansi satu umat (whatever...). Konspirasi. Tanda-tanda akhir zaman. Akibat salah milih pemimipin. Apa pun itu. Semuanya menarik. Setidaknya kita jadi memahami satu permasalahan dari berbagai sisi. 

Sekitar lima tahun lalu teman saya menyarankan saya untuk mempertajam intuisi. Agak malas juga saya menuruti sarannya. Alasannya tentu saja kesibukan bekerja dan beberapa kesibukan yang sebetulnya bukan kesibukan sih, tapi keasyikan untuk menyenangkan diri sendiri hehehe…

Mungkin karena sering di rumah dan melihat beragam informasi akhirnya saya mengikuti saran teman saya itu setelah sekian tahun berlalu. Untuk melatih intuisi, saya belajar dengan membaca kartu tarot. Kartu tarot yang saya pakai seri witch. Dari kecil saya memang suka dengan tokoh penyihir seperti Harry Potter, Gandalf, Merlin, Paman Janggut, serial charmed (weisss jadi ketahuan nih, termasuk angkatan pelopor kelompok milenial). Saya meyakini jika tidak ada penyihir yang jahat. Mereka jahat karena di masa lalunya di-bully. Lord Voldemort begitu juga bukan?

Saya tertarik dengan astronomi (bukan astrologi). Zodiak saya tidak mengerti. Saya suka hukum alam. Mengenai peredaran bintang. Matahari dan bulan, serta dampaknya pada kehidupan. Suka menatap bintang kalau malam-malam dan bertanya, jika bintang yang saya tatap itu sudah ada ketika zaman nabi Adam A.S, dan jika mampu berbicara, apa gerangan yang akan disampaikan? Pertanyaan absurd yang mengisi kegabutan. Any way.

Dalam kartu tarot saya menemukan itu. kisah-kisah warisan budaya dunia dalam simbol-simbol peradaban. Bagaimana kehebatan semesta. Bagaimana satu dan lainnya saling terkait, satu dan lainnya saling mempengaruhi. Akhirnya jadi keasyikan tersendiri. Menyibak setiap kisah dibalik kartu itu sendiri. Apalagi jika saya dapat merangkaikan pembacaan satu kartu dengan kartu lainnya. Pasti dijamin seru.

Berikut  pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai tarot?

-          Apakah Tarot sebuah klenik?

Uhhhmmmm, well, menurut saya sih bukan. Jika Klenik identik dengan kemenyan dan hal-hal yang melibatkan mahluk tak kasat mata. Tentu saja dalam pembacaan tarot tidak menggunakan hal itu. Menurut Dedi Darmawan, seorang Tarot reader tidak ada unsur klenik atau sihir dalam pembacaan tarot. Dalam pembacaan tarot memerlukan sebuah logika. Sama seperti psikologi, kartu tarot adalah media untuk menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi. (genpi.co Dianggap Klenik, Ternyata ini rahasia Kartu Tarot)

Hal senada saya peroleh dari buku Tarot dan Psikologi Simbol – Leonardo Limba dan Audifax. Sebetulnya kartu tarot itu penuh dengan simbol-simbol warisan budaya kuno yang berasal ratusan mungkin ribuan tahun. Dan ada setiap zaman. 

Penjelasan mengenai manusia dan simbol banyak dibahas berdasarkan perpektif dari psikoanalitik Carl Gustav Jung. Jadi gak ada klenik-kleniknya. 

-         Tarot  bisa meramal (fortune Teller)

Tidak hanya kartu tarot, kartu remi pun bisa dipakai meramal. Believe me. Kartu remi terdiri dari 4 seri. Menggambarkan 4 musim.  Terdapat 52 kartu. 52 minggu dalam 1 tahun.

Kartu tarot terdiri dari 78 kartu. Sebagian besar mirip dengan kartu remi. Terdiri dari Arkana Mayor dan Arkana Minor. Seperti yang disebutkan tadi diatas, terdapat simbol-simbol warisan budaya di sana. Jika dibaca secara saksama simbol-simbol tersebut bisa dirangkai menjadi sebuah cerita.  

jadi istilah tepatnya bukan meramal. Melainkan membaca. Kita dapat membaca masa kini, masa lalu dan masa mendatang seseorang.

Masa lalu dan masa depan dapat berubah, apabila masa sekarang diubah. Masa lalu diubah dengan cara dijadikan positif untuk pembelajaran di masa sekarang, sehingga masa depan yang suram lebih terang. Mengubah sikap dan tindakan agar apa yang ditakutkan tidak terjadi.

 

Well, sekian cerita saya mengenai hobi baru yang membawa saya menerawang dunia melalui simbol-simbol. Belajar sejarah dunia dan menemukan banyak kebajikan di setiap cerita. Dan semesta yang selalu menakjubkan untuk di-explore.

PS: Belum menerima buka praktik pembacaan kartu. Sekian 

❤Tulisan ini kolaborasi bersama teman-teman dari Bandung Hijab Blogger. ❤

 

                 


Komentar

  1. Hobi baru yang berbeda dari yang lain nih hehe... ga nyangka aja ada yg punya hobi baru di masa pandemi seperti ini... unik.

    BalasHapus
  2. Wow hobi yang unik. Diperlukan pendalaman intuisi, keren 👏

    BalasHapus
  3. Yang bisa baca kartu tarot, menurut aku bakat, hehe keren lho teh, jadi kngen temn aku yg bisa baca tarot juga

    BalasHapus
  4. Waw hobby yang unik banget niy, ternyata Teh Yeni berbakat baca kartu tarot ya. Perlu latihan berapa lama sampai bisa baca kartu tarot Teh?

    BalasHapus
  5. Wuihhh hobinya antimainstream ini mah. Aku jadi pengen liat langsung kalo teh Yeni lagi baca kartu tarot gimana sih.. penasaran hehe

    BalasHapus
  6. Bener bener unik hoby barunya... Awal nya gimna teh bisa tertarik dengan hoby ini ,. Seru yaa

    BalasHapus
  7. Hobby yg unik ya teh. Yg untuk sebagian org mungkin ga bisa diterima.

    BalasHapus
  8. Wah, hobi yg bisa jadi ladang usaha, nih. Hahaha. Terwang aku dong, Teh🤭

    BalasHapus

Posting Komentar

Feel Free untuk menaruh komentar. Pasti akan dikunjungi balik.
Oh ya, link hidup sebaiknya jangan yaaa... nanti saya matiiin lhooo.

Postingan populer dari blog ini

Berbagi Kelembutan Bolu Susu Lembang, Oleh-Oleh Bandung Pisan

Dalam tubuh saya mengalir tiga perempat darah Ciamis. Mamah pituin Ciamis. Lahir di Ciamis, semenjak ABG hingga sekarang Mamah menetap di Bandung. Mengikuti suaminya. Iya, suaminya teh , bapak saya.  “ Suami Mamah saya adalah Bapak Saya ” . Seperti judul sinetron nya ? Bapak sendiri berasal dari Banjaran. Tetapi setelah ditelusuri silsilanya eh, masih ada keturunan Ciamis. Jadi lah saya ini berdarah campuran. Walapun hanya seperempat dan tiga perempat . B angga pisan berdarah indo. Kudu bangga atuh, da saya termasuk produk indo memenuhi standar kearifan lokal.

Tantangan Berkebun Di Perkotaan

Tahun 2019, saya memutuskan untuk berkebun dengan serius . Perlu saya garis bawahi kata serius ini. Serius. Gak main-main.   Saya ingin membuat satu sistem berkebun yang berkesinambungan. Selaras dengan alam serta mendukung misi pemerintah. Menciptakan ketahanan pangan. Membentuk masyarakat yang berdaya guna tingkat dewa. Halaaaaah, panjang amat   dan agak-agak halu. Any way sebab mengapa saya berkebun bisa melipir ke sini . Setidaknya ada dua tantangan yang harus dihadapi ketika memulai berkebun di perkotaan. Tantangan yang bersifat minor dan mayor. Apa saja tantangannya itu? Hayuuuk kita preteli.

Perempuan belum menikah dilarang sakit Asam Lambung

Siang itu, saya datang ke pantry tetangga sambil meringis menahan sakit. Sejak Senin lalu, dokter memvonis saya dengan asam lambung berlebih. Dada rasanya terbakar, setiap menarik nafas. Sesak. Saya benar-benar kaget mengetahuinya. Komponen utama asam lambung yaitu asam chloride. Salah satu anggota golongan asam kuat. Perpaduan dengan senyawa ‘X’ akan menghasilkan sesuatu yang dahsyat. Satu larutan yang mampu merontokkan logam. Moal dibeja-an senyawa X itu apa, bisi diturutan . Coba- nya kalau bisa dikeluarkan si asam lambung dari perut saya. Lalu dijual . Akan menguntungkan meureun . Karena asam chloride ini banyak yang membutuhkan.