Langsung ke konten utama

Menu Sederhana Rendah Kalori

menu-rendah-kalori
Menu Sehat rendah kalori

Ada kalanya kita dituntut untuk mengonsumsi menu rendah kalori atau kita harus menyediakan karena salah satu keluarga kita yang sedang menjalankan diet rendah kalori. Tentunya akan sedikit ekstra memilah dan memilih menu yang sesuai dengan dietnya,

Di rumah, ada satu menu yang sangat sederhana. Resep asli menu ini diperoleh sebagai bonus di majalah wanita.  Majalah wanita yang namanya sama dengan pahlawan nasional pejuang emansipasi. Mamah adalah penggemar majalah ini. Hingga akhirnya semua resep dapat dengan mudah ditemukan di berbagai media. Seperti kemasan bumbu dapur. 

Menu sederhana, bahan yang available, caranya pun mudah. Sesuai dengan bahan bakunya, menu ini diberi nama "timun mas" 

Bahan:

- 4 buah mentimun yang agak besar

- 10 buah tahu, saya pakai tahu kuning. Ukuran sedang. Haluskan.

- 1 siung bawang putih

- 2 buah wortel diserut. Saya pakai serutan untuk membuat rujak serut

- 1 butir telur

- 1 sendok makan maizena

- 1 buah tomat untuk hiasan.


Cara membuat:

- potong mentimun menjadi 2 bagian. Keluarkan isinya.

- bawang putih dirajang lalu goreng. Masukkan pada tahu yang telah dihaluskan. Kemudian wortel serut, tambahkan garam, telur, dan maizena. Aduk sampai homogen.

- masukkan campuran tadi ke dalam mentimun yang sudah dibuang isinya. 

- potong tomat berbentuk dadu. Letakan diatas tahu.

- kukus kurang lebih tiga puluh menit.


menu-rendah-kalori
Timun Mas


Bisa juga ditambahkan sedikit merica atau kaldu, untuk rasa lebih gurih.  Kalau saya, pas waktu bikin kebetulan baru dapat chia seed. Jadi ditaburkanlah satu sendok. Eh, tapi chia seed-nya direndam dulu sampai mengembang. Biar gak seret. 

Kolaborasi mentimum dan tahu, membuat perut dingin. Bagi yang suka makan pedas, menu ini bisa untuk menetralisir.  

Nah, itu teman-teman. Resep menu sehat, yang murah meriah. Harga terjangkau dan bahan-bahan tersedia, mudah ditemukan. Caranya pun gak ribet. Tinggal mau ajaa...

Tulisan menu sehat ini kolaborasi teman-teman dengan Bandung Hijab Blogger.

bandung-hijab-blogger
Kolaborasi dengan Bandung Hijab Blogger



Komentar

  1. Wah , rekomen banget ini mah buat aku yg lagi diet sehat

    BalasHapus
  2. Aku baru tau ada resep ini...auto coba. Makasih resepnya teh...

    BalasHapus

Posting Komentar

Feel Free untuk menaruh komentar. Pasti akan dikunjungi balik.
Oh ya, link hidup sebaiknya jangan yaaa... nanti saya matiiin lhooo.

Postingan populer dari blog ini

Berbagi Kelembutan Bolu Susu Lembang, Oleh-Oleh Bandung Pisan

Dalam tubuh saya mengalir tiga perempat darah Ciamis. Mamah pituin Ciamis. Lahir di Ciamis, semenjak ABG hingga sekarang Mamah menetap di Bandung. Mengikuti suaminya. Iya, suaminya teh , bapak saya.  “ Suami Mamah saya adalah Bapak Saya ” . Seperti judul sinetron nya ? Bapak sendiri berasal dari Banjaran. Tetapi setelah ditelusuri silsilanya eh, masih ada keturunan Ciamis. Jadi lah saya ini berdarah campuran. Walapun hanya seperempat dan tiga perempat . B angga pisan berdarah indo. Kudu bangga atuh, da saya termasuk produk indo memenuhi standar kearifan lokal.

Tantangan Berkebun Di Perkotaan

Tahun 2019, saya memutuskan untuk berkebun dengan serius . Perlu saya garis bawahi kata serius ini. Serius. Gak main-main.   Saya ingin membuat satu sistem berkebun yang berkesinambungan. Selaras dengan alam serta mendukung misi pemerintah. Menciptakan ketahanan pangan. Membentuk masyarakat yang berdaya guna tingkat dewa. Halaaaaah, panjang amat   dan agak-agak halu. Any way sebab mengapa saya berkebun bisa melipir ke sini . Setidaknya ada dua tantangan yang harus dihadapi ketika memulai berkebun di perkotaan. Tantangan yang bersifat minor dan mayor. Apa saja tantangannya itu? Hayuuuk kita preteli.

Perempuan belum menikah dilarang sakit Asam Lambung

Siang itu, saya datang ke pantry tetangga sambil meringis menahan sakit. Sejak Senin lalu, dokter memvonis saya dengan asam lambung berlebih. Dada rasanya terbakar, setiap menarik nafas. Sesak. Saya benar-benar kaget mengetahuinya. Komponen utama asam lambung yaitu asam chloride. Salah satu anggota golongan asam kuat. Perpaduan dengan senyawa ‘X’ akan menghasilkan sesuatu yang dahsyat. Satu larutan yang mampu merontokkan logam. Moal dibeja-an senyawa X itu apa, bisi diturutan . Coba- nya kalau bisa dikeluarkan si asam lambung dari perut saya. Lalu dijual . Akan menguntungkan meureun . Karena asam chloride ini banyak yang membutuhkan.