Kamis, 22 Agustus 2019

Belajar nge-Vlog di Crowne PLaza Bandung


Tantangan menulis blog, semakin hari kian seru. Banyak hal yang dapat kita pelajari setiap hari. Seperti hari Minggu kemarin, saya ikut kegiatan untuk belajar membuat vlog. Ambil bagian di kegiatan singkat itu, bukan berarti saya akan menjadi pesaing Atta Halilintar. Melainkan lebih sekadar ingin belajar membuat video camperenik yang enak dicerna sebagai pelengkap blog saya (jika diperlukan). Agar yang menonton enak. Pesan yang saya sampaikan dapat diterima dengan baik. 


Kegiatan belajar membuat vlog merupakan bagian dari Arisan Ilmu yang diadakan KEB dan Sister net. Materi dibawakan oleh Yashinta. Pemilik Keponih yang subscribernya sudah mencapai 14,3 K. Ada 3 point penting yang saya tangkap dalam membuat vlog, yakni:


1. Audio
   Sayang jika video bagus, tetapi suaranya tidak terdengar dengan baik. Atau banyak noise dari sana-sini. Tumpang tindih, antara suara nara sumber, back sound, plus noise pada saat tapping berlangung. Pesan yang disampaikan bisa gagal total.  Oleh karenanya investasi untuk membeli microphone worthy lah untuk mendapatkan video yang bagus. Beragam jenis microphone, dari yang under 50K sampai yang beberapa digit.
Perhatikan pula hak cipta dari back sound yang kita gunakan. Untuk amannya cari backsound yang free. Bisa dicari di youtube.

2. Video
    Pengambilan gambar dan teknik-tekniknya. Sama halnya dalam membuat foto, cahaya adalah faktor yang paling berpengaruh. Sehingga penampakan video cerah, tidak blur atau banyak titik-titik cahaya yang mengganggu.

3. Editing
    Sebelum diunggah, menyunting adalah wajib. Untuk memberi judul, substitle, penataan suara, efek animasi sehingga lebih menarik. Penyuntingan bisa menggunakan aplikasi Kine master, viva video, power director jika menggunakan smartphone. Atau pada PC bisa memakai Adobe premier, Window movie maker, Filmora dan lain sebagainya.
  
Arisan Ilmu KEB bersama Sister Net dilaksanakan di Theatre Style at Mountain View Poolside Bar, Crowne Plaza Jl. Lembong no.19 Bandung. Crowne Plaza berada di lokasi strategis di kota Bandung. Theatre Style at Mountain View Poolside Bar sendiri berada di lantai 5. Mungkin dinamakan Mountain View karena dari sana kami bisa melihat Bandung dari ketinggian seperti dari pegunungan. Ruangan yang semi outdoor ini, membuat peserta yang ikut belajar tidak bosan. Bagaimana bisa bosan, jika samping kiri kami adalah langit biru yang terhampar, lalu ada kolam renang yang membuat mata segar.

Crowne Plaza Bandung

Di sela coffe break kami disuguhi kudapan teman ngopi yang memanjakan mata dan lidah. Jangan merasa sayang untuk dinikmati, kue dengan bentuk-bentuk indah ini, rasanya luar biasa. Bentuk dan rasanya ini membuat saya lupa menanyakan nama kue-kue ini pada chef. Gak usah sungkan chef-nya ramah dan siap membantu. Menjawab pertanyaan. Ada kue tradisonal pula yang dikemas tak kalah cantik. Moci, proltape dan banyak lagi. Keripik ubi ungu manis dan kentang gurih juga tersedia.

Crowne Plaza Bandung

Menu makan siang kami disuguhi penggabungan when east meet west tea. Beraneka ragam. Saya membuka dengan mencicipi salad. Maklum lidah Sunda ini, tidak kuasa melihat dedauan yang hijau. Dicocol pada barisan Mayonesse. Maknyuuuss bin mantul. 
Pada jajaran salad, ada gado-gado dan mie goreng. Oleh karenannya saya sebut sebagai east meet west
Crowne Plaza Bandung

Setelah pembukaan, hidung saya menuntun pada bebek yang menggantung. Duuuh, di samping bebek, Chef sedang membakar sosis. Setelah mencicipi sosis dan kawan-kawan, saya tergoda untuk mencoba ice cream dan waffle. Kami disuguhi pula minuman klasik es jeruk kelapa. Hmmmm, ditengah udara cerah, meneguk es jeruk tentu akan menentramkan jiwa raga.
Tidak menyesal saya ikut belajar nge-vlog di sini. Saran saya nih, bagi yang akan mengadakan gathering. Baik itu kumpul-kumpul untuk berbagi ilmu, seminar atau bersilaturahmi (ahiiiw....) tidak salah untuk mencoba di sini.  Nah, bagi yang berminat, ingin tahu lebih banyak. Bagaimana skema menu, lokasi dan hal-hal teknis lainnya bisa langsung hubungi marketing Crowne Plaza Bandung. Info lebih lanjut bisa langsung  dilihat ke:

IG: crowneplazabandung
Website: bandung.crowneplaza.com
Telp: +62 (0) 22 3000 2500

Crowne Plaza Bandung




7 komentar:

  1. Memang nih ya kalau masalah audio saat ngevlog itu perlu diperhatikan

    BalasHapus
  2. Mengambil gambar yang bagus itu memang sangat diperlukan ya, agar hasilnya bagus

    BalasHapus
  3. Wah enak banget nih makan makanan yang ada di sana. Selain itu enak kelihatannya lezat banget

    BalasHapus
  4. Salad selalu jadi menu pertama pilihan saya setiap ada jamuan. Bebeknya empuk banget. Sayang cuma ambil dikit. Huehehe...

    BalasHapus
  5. belajar ngevlog tu penting buat yg suka vlogging atau sekedar hobi aja. temenku ngevlog buat youtubenya tapi pegang kameranya memanjang bukan melebaršŸ˜…Udah dikasi tau, eh aku yg dibilang sotoy. Lah... coba liat tv2 deh, emang ada tv memanjang bukannya melebar. Jadi youtubenya isinya gambarnya di tengah2 semua hahahhahaa... Udah gitu dia tanya, kok gini sih? Lah pan udah ai kasi tau... malah dibilang sotoy. Hadeuh.... ngelawak ni orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamera dari iphone by the way. bukan dslr atau sejenisnya.

      Hapus

Feel Free untuk menaruh komentar. Pasti akan dikunjungi balik.
Oh ya, link hidup sebaiknya jangan yaaa... nanti saya matiiin lhooo.